-->

Pemimpin Yang Prorakyat

Posted by Unknown Saturday, September 29, 2012 0 comments

Pada era moden ini begitu sulit menemukan pemimpin yang benar-benar mencintai dan berpihak kepada rakyatnya. Jika pemimpin yang mencintai rakyat pastilah akan dicintai dan dikagumi rakyatnya. Salah seorang pemimpin Muslim yang terbilang langka itu hadir di abad ke-8 M. Pemimpin yang pro rakyat itu bernama Khalifah Harun Ar-Rasyid.

Sang khalifah benar-benar memperhatikan dan mengutamakan kesejahteraan rakyatnya. Guna meningkatkan kesejahteraan rakyat dan negara, Harun Ar-Rasyid berusaha dengan keras memajukan ekonomian serta perdagangan. Pertanian juga berkembang dengan begitu pesat, lantaran khalifah begitu menaruh perhatian yang besar dengan membangun saluran irigasi. Langkah pemerintahan Harun Ar-Rasyid yang serius ingin menyejahterakan rakyatnya itu mendapat dukungan rakyatnya. Kemajuan dalam sektor perekonomian, perdagangan dan pertanian itu membuat Baghdad menjadi pusat perdagangan terbesar dan teramai di dunia saat itu.

Dengan kepastian hukum serta keamanan yang terjamin, berpusu-pusu para saudagar dari berbagai penjuru dunia saling melakukan pertukaan barang dan Wang di Baghdad. Negara pun memperoleh pemasukan yang begitu besar dari perekonomian dan perdagangan itu serta tentunya dari pungutan pajak. Pemasukan khas negara yang begitu besar itu tak dikhianati sang khalifah. Harun Ar-Rasyid menggunakan dana itu untuk pembangunan dan mensejahterakan rakyatnya. Kota Baghdad pun dibangunkan dengan indah dan megah. Gedung-gedung tinggi berdiri, prasarana peribadatan tersebar, prasarana pendidikan pun menjamur, dan fasilitas kesehatan gratis pun diberikan dengan pelayanan yang prima.

Saranan umum lainnya seperti kamar mandi umum, taman, jalan serta pasar juga dibangun dengan berkualiti yang sangat baik. Khalifah pun membiayai pengembangan ilmu pengetahuan di bidang penterjemahan dan serta penelitian. Negara menempatkan para ulama dan ilmuwan di posisi yang tinggi dan mulia. Mereka dihargai dengan memperoleh gaji yang sangat tinggi. Setiap tulisan dan penemuan yang dihasilkan ulama dan ilmuwan dibayar mahal oleh negara.

Sangat pantas bila keluarga khalifah dan pejabat negara lainnya hidup dalam segala kemewahan pada zamannya. Sebab, kehidupan rakyatnya juga berada dalam kemakmuran dan kesejahteraan. Tak seperti pemimpin kebanyakan yang hidup dengan kemewahan di atas penderitaan rakyatnya. Sampai bila pun, peribadi Harun Ar-Rasyid layak ditiru dan dijadikan ikutan para pemimpim dan calon pemimpin yang ingin mencitai dan berpihak pada rakyatnya.


0 comments:

Post a Comment